5 Komentar

ISTILAH-ISTILAH DALAM PERANG DINGIN

Dalam Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet, terdapat istilah-istilah yang perlu diketahui, diantaranya sbb:

  1. Cold War atau perang dingin adalah istilah yang merujuk kepada persaingan yang berkembang sesudah perang Dunia II, antara kelompok negara komunis dan non komunis. Dalam konteks pengertian tersebut, negara komunis seperti Uni Soviet beserta sekutu disebut blok timur sedangkan negara kelompok demokrasi seperti Amerika dan aliansinya disebut blok barat. Meningkatnya ketegangan  antara blok barat (AS dan sekutu) dengan blok timur ( Uni Soviet) itulah yang disebut perang dingin.
  2. Blok Barat adalah Amerika Serikat beserta para sekutunya yang menganut paham liberalisme.
  3. Blok timur adalah Uni Soviet dengan negara-negara pengikutnya yang menganut paham komunisme.
  4. Dekolonisasi merujuk kepada tercapainya kemerdekaan oleh berbagai koloni dan protektorat barat di Asia dan Afrika sesuai Perang Dunia II. Hal ini timbul seiring dengan gerakan intelektual yang dikenal dengan Post-Kolonialisme. Periode dekolonisasi yang sangat aktif terutama terjadi antara 1945 sampai 1960, dimulai dengan kemerdekaan Pakistan dan India dari Britania Raya pada tahun 1947 dan Perang Indochina Pertama.
  5. Teori Domino adalah apabila satu wilayah jatuh ke Uni Soviet maka wilayah disekitarnya akan menjadi wilayah yang komunis juga.
  6. CIA (Central Intellegence Agency) merupakan agen rahasia Amerika Serikat yang bertugas mencari informasi – informasi rahasia dari blok timur.
  7. KGB (Komitet Gasudarstvennoy Bezoparnorti) merupakan agen rahasia Uni Soviet.
  8. NATO (North Atlantic Treaty Organization) pakta pertahanan atlantik utara yang didirikan pada tahun 1949 sebagai dukungan terhadap persetujuan Atlantik Utara.
  9. SEATO (Shoutest Asia Treaty Oraganization) pakta pertahanan Asia Tenggara untuk memblokir perkembangan komunis di Asia Tenggara.
  10. CENTO Organisasi Pakta Sentral (juga disebut CENTO, nama aslinya Pakta Organisasi Timur Tengah atau METO, juga dikenal seperti Pakta Baghdad) diadopsi pada tahun 1955 oleh Iran, Irak, Pakistan, Turki, dan Britania Raya. Kemudian dibubarkan pada tahun 1979.
  11. METO adalah nama lain dari CENTO.
  12. ANZUS ( Australia, New Zealand, United States Security Treaty (ANZUS) atau Pakta ANZUS) adalah aliansi militer yang mengikat antara Australia dan Selandia Baru dan, secara terpisah, Australia dan Amerika Serikat bekerjasama dalam hal pertahanan di daerah Samudra Pasifik, meskipun saat ini perjanjian dipahami untuk menghubungkan serangan di daerah manapun.
  13. OAS (Organization of American States) adalah oragnisasi negara-negara Amerika yang bermarkas di Washington DC, USA.
  14. MSA adalah bantuan-bantuan dari Amerika Serikat kepada negara-negara Asia.
  15. 15.Pakta Warsawa adalah alisansi militer Negara blok timur di Eropa Timur yang bertujuan mengorganisasikan diri terhadap kemungkinan ancaman dari NATO.
  16. Doktrin Brezhnev adalah doktrin yang dibuat oleh Leonardo Brezhnev untuk membuka hubungan diplomatik dengan negara-negara non komunis untuk menurunkan ketegangan dengan AS.
  17. Doktrin Trumant adalah bantuan ekonomi kepada Yunani dan Turki pada tahun 1957.
  18. Iron Cortain (tirai besi) adalah batas-batas yang membagi Eropa terpisah yaitu Eropa Barat dan Eropa Timur terutama tembok Berlin yang merupakan lambang dari Tirai Besi. Menurt PM Inggris , tirai besi adalah penyebab dari perang dingin.
  19. Marshall Plant adalah program dari Amerika Serikat yang bertujuan untuk membangun kembali Eropa yang rusak akibatperang Dunia II dan telah menyebabkan rapuhnya perekonomian dalam bentuk bantuan ekonomi.
  20. Containtment Policy adalah usaha untuk membendung perkembangan komunisme menyebar.
  21. Molotov Plan adalah sistem yang diciptakan oleh Uni Soviet pada tahun 1947 dalam rangka untuk memberikan bantuan untuk membangun kembali negara-negara di Eropa Timur yang secara politik dan ekonomi sejalan dengan Uni Soviet.
  22. Comicon yaitu kerja sama ekonomi antar anggota blok timur.
  23. Cominform adalah kerja sama antar partai komunis Eropa pada tahun 1947 yang berpusat di Beogard, Yugoslavia.
  24. Krisis Kuba 1961 adalah muncunya isu bahwa Uni Soviet telah meletakkan senjata nuklir di Teluk Babi, Kuba dan membuat AS khawatir akan terjadi perang dunia ketiga.
  25. Krisis Berlin 1948 adalah sebuah krisis di Berlin dengan pemutusan hubungan ke Berlin oleh Uni Soviet sebagai reaksi  diberlakukannya Deutshe Mark sebagai valuta baru di Jerman Barat oleh Sekutu. Krisis ini merupakan sebab khusus perang dingin.
  26. Proxi War adalah perang dari jarak jauh.
  27. Star War adalah pertahanan perang bintang.
  28. Linkage Policy adalah kebijakan yang diambil oleh Amerika Serikat, yang diperjuangkan oleh Richard Nixon dan Henry Kissinger, selama periode tahun 1970-an dari detente perang dingin yang bertujuan untuk membujuk Uni Soviet dan Komunis China untuk bekerja sama dalam menahan revolusi di dunia ketiga kembali untuk konsensi di bidang nuklir dan ekonomi. Kebijakan itu, bagaimanapun, secara mendasar meruntuhkan karena jumlah revolusi yang terjadi selama waktu ini sepenuhnya independen dari keterlibatan Soviet.
  29. SALT I (Strategic Arms Limitation Talks I) juga dikenal sebagai Perjanjian Pembatasan Senjata Strategis dan menekan penggunaan nuklir dalam perang.
  30. SALT II (Strategic Arms Limitation Talks II) adalah lanjutan SALT I yang dimulai pada November 1972.
  31. START adalah perjanjian bilateral antara Uni Soviet dan AS untuk pengurangan dan pembatasan senjata strategis ofensif.
  32. SEANWFS (Shouteast Asia Nuclear Weapon Free Zone) merupakan suatu kesepakatan di antara negara-negara Asia Tenggara yang terdiri dari Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam untuk mengamankan kawasan Asean dari nuklir. Pada tanggal 29 Juli 2007 ASEAN sepakat untuk mengadopsi rencana aksi SEANWFZ guna mempercepat pembentukan kawasan bebas senjata nuklir di Asia Tenggara.
  33. Perang Vietnam juga disebut Perang Indochina Kedua, adalah sebuah perang yang terjadi antara 1957 dan 1975 di Vietnam. Perang ini merupakan bagian dari Perang Dingin antara dua kubu ideologi besar, yaitu Komunis dan Liberal. Dua kubu yang saling berperang adalah Republik Vietnam (Vietnam Selatan) dan Republik Demokratik Vietnam (Vietnam Utara). Amerika Serikat, Korea Selatan, Thailand, Australia, Selandia Baru dan Filipina bersekutu dengan Vietnam Selatan, sedangkan USSR dan Tiongkok mendukung Vietnam Utara yang merupakan negara komunis.
  34. Perang Korea dari 25 Juni1950 sampai 27 Juli1953, adalah sebuah konflik antara Korea Utara dan Korea Selatan. Perang ini juga disebut “perang yang dimandatkan” (bahasa Inggris proxy war) antara Amerika Serikat dan sekutu PBB-nya dan komunis Republik Rakyat Cina dan Uni Soviet (juga anggota PBB). Peserta perang utama adalah Korea Utara dan Korea Selatan. Sekutu utama Korea Selatan termasuk Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Britania Raya, meskipun banyak negara lain mengirimkan tentara di bawah bendera PBB.
  35. Revolusi Kuba merupakan pemberontakan bersenjata yang menuju pada kejatuhan diktator Kuba Fulgencio Batista Zaldívar yang ditunggangi Amerika Serikat pada tanggal 1 Januari1959 oleh Movimiento 26 de Julio yang dipimpin oleh Fidel Alejandro Castro Ruz.
  36. 36.  Politik Standar Ganda USA adalah politik yang oportunis dengan mengungkapkan dua hal yang berlainan, demi keuntungan pihak sendiri.
  37. INF (Intermediate Range Nuclear Force) adalah perjanjian 1987 antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Di tandatangani di Washington DC oleh presiden AS Ronald Reagan dan Michail Gorbachev Sekretaris Jendral pada tanggal 8 Desember 1987, diratifikasi oleh Senat AS pada 27 Mei 1988 dan mulai berlaku pada tanggal 1 Juni 1988. Perjanjian ini secara resmi berjudul Perjanjian antara AS dan Uni Soviet pada penghapusan rudal.
  38. ZOPFAN ( Zone of Peace Free and Neutral) adalah pernyataan yang ditandatangani oleh menteri luar negeri negara – negara anggota Asean ( Indonesia Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand ) pada tanggal 27 November 1971 di Kuala Lumpur Malaysia. Dalam deklarasi tersebut, para pihak secara terbuka menyatakan niat mereka untuk menjaga Asia Tengggra “ bebas dari segala bentuk atau campur tangan oleh kekuatan luar dan memperluas bidang kerjasama”.
  39. Pakta Bagdad adalah nama lain dari CENTO.
  40. Insiden Teluk Babi (di Kuba dikenal pula sebagai Playa Girón sesuai dengan pantai di Teluk Babi tempat pendaratan pasukan penyerbu) adalah sebuah pendaratan yang direncanakan dan didanai oleh Amerika Serikat dan dilakukan oleh orang-orang Kuba di pembuangan di Kuba barat daya untuk menggulingkan pemerintahan Fidel Castro pada 1961. Peristiwa ini menandai klimaks tindakan anti Kuba oleh AS. Ketegangan AS-Kuba telah bertumbuh sejak Castro menggulingkan rezim diktator militer sayap kanan Jenderal Fulgencio Batista yang didukung AS pada 1 Januari1959. Pemerintahan Eisenhower dan Kennedy telah menilai bahwa pergeseran Castro kepada Uni Soviet tidak bisa diterima, dan karena itu mereka berusaha menggulingkannya. Namun, invasi ini gagal total dan ternyata menjadi noda internasional bagi pemerintahan Kennedy.
  41. UNEF adalah medali PBB untuk militer, polisi atau warga sipil yang turut beserta dengan misi perdamaian di Mesir.
  42. UNTEA (United Nations Temporary Executive Authority), adalah sebuah badan pelaksana sementara PBB yang berada dibawah kekuasaan sekretaris jendral PBB. UNTEA dikepalai oleh seorang yang diangkat oleh sekjen PBB dengan persetujuan antara Indonesia dan Belanda dan bertugas menjalankan pemerintahan Irian Barat dalam waktu satu tahun. UNTEA dibentuk karena terjadinya konflik antara Indonesia dan Belanda dalam permasalahan status Irian Barat, sehingga badan ini merupakan pengawas di Irian Barat setelah persetujuan New York.
  43. UNAMIC didirikan untuk membantu para pihak mempertahankan diri dari genjatan senjata Kamboja.
  44. UNIIMOG (United Nations Iran-Iraq Military Observer Group) adalah kelompok pengamat militer dari PBB di Iran dan Irak pada Agustus 1988 hingga Februari 1991. Misi ini dilakukan setelah terjadinya perang Iran-Irak dari September 1980 hingga Agustus 1988. Misi dilakukan berdasarkan resolusi 619 Dewan Keamanan PBBtanggal 9 Agustus 1988 untuk melakukan verifikasi, konfirmasi dan supervisi gencatan senjata dan penarikan pasukan Iran dan Irak kembali ke wilayahnya (yang diakui dunia intermasional) masing-masing. UNIIMOG berakhir pada Februari 1991 setelah Iran dan Irak telah menarik pasukannya ke wilayahnya masing-masing.
  45. United Nations Protection Force(UNPROFOR), adalah kekuatan penjaga perdamaian pertama di Kroasia dan di Bosnia-Herzegovina selama Perang Yugoslavia. Pasukan ini mulai diadakan pada permulaan pelibatan PBB pada bulan Februari 1992, dan diubah menjadi bentuk atau struktur lain pada bulan Maret 1995. Dalam bahasa Perancis, namanya menjadi FORPRONU (Force de Protection des Nations Unies).

5 comments on “ISTILAH-ISTILAH DALAM PERANG DINGIN

  1. benelux dan seato blum tercantum y??

  2. makasih , bermanfaat banget :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: